Rabu, 11 November 2020

Menyiapkan Cetak Buku Ajar, Diktat, atau Referensi untuk Mahasiswa

 


Seorang dosen pengampu mata kuliah biasanya memiliki berbagai tulisan yang berkaitan dengan bahan ajar di kelasnya. Beberapa lembar kertas bertuliskan materi kuliah biasanya diberikan kepada salah satu koordinator kelas untu difotokopi di setiap pertemuan kelas. Jika hal itu sering dilakukan, ada baiknya materi-materi tersebut dikumpulkan, jika perlu dilakukan editing seperlunya, lalu cobalah untuk menerbitkannya. Kalau pun tidak, Anda bisa melakukan cetak massal untuk mahasiswa Anda. Selain membantu, memudahkan mahasiswa, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak waktu untuk melakukan fotokopi. Cukup menawarkan kepada mahasiswa ongkos cetak yang harus mereka berikan kepada Anda.

Secara umum, memang lebih baik jika diterbitkan sekalian. Anda bisa menggunakan nama penerbit kampus atau meminta bantuan penerbit-penerbit di sekitar kota Anda untuk menerbitkan buku tersebut dengan cara bekerja sama melalui berbagai ketentuan. Hal ini tentu lebih elegant dibandingkan dengan melakukan fotokopi berulang-ulang yang tentunya tidak begitu praktis, bahkan tak jarang lebih mudah hilang. Dengan menerbitkannya, setidaknya ada sebuah produk ilmiah yang menjadi pegangan bagi para mahasiswa yang sedang mengikuti mata kulaih Anda.

Tak jarang, ada pula dosen yang mencoba menerbitkan tesis atau disertasi yang kemudian dijadikan buku bahan ajar di kelas. Hal ini dilakukan tidak harus menerbitkan missal dalam arti besar sekali. Anda bisa melakukan cetak mulai dari 100 eksemplar atau mungkin 500 eksemplar, tergantung kebutuhan mahasiswa Anda. Cetak massal tentu lebih menguntungkan, sebab buku memiliki ketahanan yang lama, hingga bertahun-tahun. Jika harga kertas mulai merangkak naik, Anda tidak perlu ikut menambah pengeluaran, sebab masih banyak simpanan buku hasil cetak massal yang masih bisa dimanfaatkan mahasiswa yang baru mengambil mata kulaih Anda.

Selain itu, cetak buku atau menerbitkan buku ajar juga dimanfaatkan untuk keperluan lain, terutama berkaitan dengan jabatan Anda. Setidaknya, tidak hanya satu keuntungan yang didapat oleh seorang dosen yang mau mempermudah perkuliahan dengan cara menerbitkan buku bahan ajarnya untuk mahasiswa tercinta.

Tak hanya buku ajar, buku berbentuk diktat atau referensi, bahkan monograf dapat Anda persiapkan dari berbagai bahan yang tentu saja sudah di tangan. Kreativitas dalam menjalani pekerjaan tentu akan membantu kita dalam waktu pendek maupun dalam waktu jangka panjang ke depan.


logoblog
Previous
« Prev Post