Selasa, 10 November 2020

Cetak Buku Panduan Pelatihan, Membantu dan Memudahkan Proses Fasilitasi



Fasilitator yang telah memiliki pengalaman luas tentu memiliki banyak bahan atau materi pelatihan. Mulai dari game yang dimanfaatkan untuk pendahuluan dan atau proses perkenalan para peserta, hingga berbagai ice breaking yang digunakan untuk mencairkan situasi stagnan forum pelatihan. Selama ini, pihak panitia pelatihan biasa melakukan penggandaan materi dengan cara fotokopi. Hal ini tentu sangat disayangkan, sebab peserta pelatihan akan mengumpulkan potongan-potongan materi pelatihan yang ditakutkan akan terselip di tempat lain, sehingga sulit dipraktikkan pada saat-saat dibutuhkan.


Dari berbagai pengalaman pelatihan yang pernah kami ikuti, kemudian muncullah ide untuk membukukan materi pelatihan menjadi buku panduan pelatihan, meskipun masih banyak yang menggandakan dengan cara difotokopi. Ide semacam ini akan sangat membantu bagi fasilitator maupun panitia pelaksana, terutama jika pelatihan dilakukan secara berkala dan berkelanjutan hingga pada implementasi di lapangan. Buku pandauan akan sangat memudahkan dan menjadi referensi yang patut diperhitungkan.

Proses pertama yang biasa dilakukan untuk membuat buku panduan, sebelum dilakukan pencetakan adalah mengumpulkan semua materi yang terkait dengan tema pelatihan. Tak jarang diperlukan proses editing dan seleksi materi, sebab tidak semua fasilitator memiliki keahlian menulis sehingga kalimat-kalimat dalam materi harus dipoles sedemikian rupa untuk kenyemanan pembaca atau peserta pelatihan.

Sebelum dilakukan layout, perlu diperhatikan pula muatan-muatan yang berbentuk gambar, table, atau materi lain yang harus ditangani secara khusus, agar didapat hasil settingan buku yang baik. Salah satu contoh kasus, setidaknya, perlu dipersiapkan gambar-gambar yang memiliki resolusi agak tinggi, sehingga pada saat dilakukan cetak buku panduan, gambar tetap jelas dan memiliki ketajaman yang baik. Jika Anda terpaksa menggunakan gambar-gambar dari referensi buku yang lain, sebaiknya dilakukan scanning terhadap gambar tersebut.

Apabila memungkinkan, kita bisa meminta pendapat fasilitator yang lain sehingga didapatkan model buku panduan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan pelatihan yang akan Anda jalankan. Bahkan, jika memungkinlan lagi, Anda juga bisa meminta masukan kepada para peserta pelatihan tentang rencana pembuatan atau cetak buku pelatihan yang akan Anda lakukan. Berikanlah beberapa lembar formulir masukan bagi buku panduan pelatihan Anda. Masukan dari peserta pelatihan sekarang tentu juga dapat digunakan sebagai bahan evaluasi terhadap materi yang telah disempaikan kepada mereka.

Jika semua masukan untuk cetak buku panduan pelatihan sudah Anda dapatkan, segeralah perbaiki sesuai dengan kebutuhan Anda, lalu siapkan covernya serta jika memungkinkan naskah buku panduannya bisa dilayout sekalian. Jika tidak bisa melakukan layout sendiri, sebaiknya Anda meminta bantuan atau menggunakan jasa layanan lauout, bahkan editing sekalian. Kalau Anda tidak mengetahui tempat jasa tersebut, kami siap membantu melaksanakan tugas tersebut. Apabila segala keperluan cetak buku panduan pelatihan sudah siap, segera kirimkan filenya kepada kami untuk dicetak, sesuai pesanan Anda. Salam.

logoblog
Previous
« Prev Post